BeritaHukumNasionalRegional

Kasus Korupsi Terbanyak Terdapat di Jabar, Jatim, dan Sumut

BIMATA.ID, Jakarta – Firli Bahuri selaku ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), membeberkan daftar kasus korupsi yang ditangani di tiap provinsi yang ada di Indonesia sejak 2004 sampai 2020.

Ia mengungkapkan, dalam kurun waktu 16 tahun tersebut, KPK sudah menangani 1.552 kasus korupsi yang ada di 26 provinsi, dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

“Dari 34 provinsi, pernah terlibat kasus korupsi ada 26 provinsi. Mudah-mudahan 8 (provinsi lain) itu tidak ada, bukan karena belum tertangkap,” ujar Firli saat mengisi kuliah umum di Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Kamis (25/3).

Firli menambahkan, ada 3 provinsi yang menempati urutan teratas kasus korupsi. Provinsi tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

“Tertinggi itu ada di Jabar 101 tersangka, nomor 2 Jatim, (ketiga) Sumut,” tambahnya.

Firli menambahkan, terdapat 21 gubernur yang telah berurusan dengan KPK, Bupati/Wali Kota 129 kasus, dan anggota DPR.DPRD ada 280 kasus. Adapun tersangka paling banyak yakni dari kalangan swasta sebanyak 329 orang.

Firli menyatakan berdasarkan data tersebut, cukup untuk mengingatkan agar tidak ada lagi penyelenggara negara yang melakukan korupsi.

 

 

YA

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close