BeritaPolitikRegionalUmum

Survei Capres: Elektabilitas Prabowo Ungguli Anies dan Ridwan Kamil di Jabar

BIMATA.ID, Jakarta- Lembaga survei Charta Politika Indonesia telah merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden 2024 di Provinsi Jawa Barat.

Hasilnya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berada paling atas mengungguli Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dalam paparan survei tersebut, responden diberikan pertanyaan jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut ini?.

Prabowo pun unggul dengan angka 26,9 persen, kemudian di bawahnya ada nama Anies Baswedan dengan 22 persen, Ridwan Kamil di posisi ketiga dengan angka 19,5 persen dan Ganjar Pranowo dengan 15,2 persen.

“Pada simulasi 10 nama, Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam paparannya, Kamis (14/07/2022).

Selanjutnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 2,9 persen, Sandiaga Uno dengan angka 2,3 persen, lalu Airlangga Hartarto dengan angka 1,8 persen.

Kemudian ada pula nama Erick Thohir dengan angka 1,3 persen, Puan Maharani dengan angka 0,7 persen dan terakhir Khofifah Indar Parawansa dengan angka 0,3 persen.

“Sementara tidak menjawab atau tidak tahu berada di angka 7,3 persen,” ujarnya.

Adapun surveitersebut dilakukan pada periode pada 24-30 Juni 2022. Jumlah responden survei sebanyak 1200 di setiap provinsi.

Untuk metodologi survei menggunakan multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen. Margin of error survei kurang lebih 2,83 persen.

 

(zbp)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close