BeritaHukumNasional

KPK Pastikan Tak Ada Kebocoran Informasi Soal Penjemputan Paksa Bupati Mamberamo Tengah

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI), membantah Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, bisa kabur karena upaya pemanggilan paksa bocor.

Ricky memang tidak kooperatif dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi di Mamberamo Tengah.

“KPK memastikan, isu lolosnya tersangka dari upaya penjemputan paksa oleh tim penyidik karena adanya kebocoran informasi adalah tidak benar,” ungkap Pelaksana Tugas Juru Bicara (Plt Jubir) Bidang Penindakan KPK RI, Ali Fikri, Selasa (19/07/2022).

Ali menerangkan, Ricky sudah mengetahui statusnya sebagai tersangka berdasarkan surat resmi yang dikirimkan KPK RI. Surat itu diberikan dengan maksud, agar Ricky kooperatif saat keterangannya dibutuhkan penyidik.

“Namun sekali lagi, KPK sangat menyayangkan, justru pihak-pihak terkait melakukan tindakan yang tidak kooperatif,” terangnya.

KPK RI menyayangkan, Ricky memilih kabur ketimbang kooperatif. Tindakan Ricky diyakini cuma membuat penanganan perkara menjadi makin lama.

“Padahal, KPK selalu berkomitmen untuk menyelesaikan setiap penanganan perkara korupsi secara terbuka, efektif, dan efisien, agar semua pihak yang berperkara segera mendapatkan kepastian hukum,” imbuh Ali.

Ali mengatakan, tersangka yang mencoba kabur bukan cuma Ricky. Sudah banyak tersangka yang mencoba menghindari penyidik KPK RI. Bahkan, di antaranya kabur dengan membawa harta hasil korupsi.

“Berbagai upaya penghindaran dari para tersangka merupakan hal yang sering terjadi. Dengan berbagai cara, mereka akan melarikan diri dari kejaran tim penyidik dan menyembunyikan aset hasil tindak pidana korupsinya dari petugas,” katanya.

Diketahui, Ricky merupakan tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah.

Ia kini menjadi buronan karena mangkir terus dalam pemanggilan penyidik KPK RI. Ricky juga hilang saat dipanggil paksa penyidik.

KPK RI sudah meminta bantuan Polda Papua untuk mencari Ricky. Ia diharap menyampaikan hak hukumnya di depan penyidik sesuai aturan yang berlaku.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close