Regional

Perubahan Arah Lalin di Losari Mulai Uji Coba Pekan Depan

BIMATA.ID, Makassar – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar bakal menguji coba perubahan arah lalu lintas di kawasan Pantai Losari mulai pekan depan.

Perubahan arah lalin merupakan perintah langsung Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto jelang Makassar Eight Festival and Forum (F8).

Kepala Dinas Perhubungan Makassar Iman Hud mengatakan, sebelum uji coba diberlakukan, pihaknya bakal memasifkan sosialisasi kepada masyarakat.

Hal itu bertujuan agar masyarakat tak kaget saat perubahan lalin diterapkan.

“Selama sepekan ini kami tahap sosialisasi, baru kami uji coba untuk terapkan pekan depan. Kan ini menyangkut perubahan rambu-rambu,” kata Imam.

Perubahan arus lalin ini kurang lebih serupa seperti yang diberlakukan pada tahun 2019 silam. Hal ini dianggap mampu mengurai kepadatan kendaraan di wilayah Pantai Losari.

Skema ini sudah pernah dipaparkan di hadapan sejumlah stakeholder, mulai dari Satlantas Polrestabes, Satlantas Polres Pelabuhan, Kapolsek Wajo dan Ujung Pandang, hingga Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Makassar.

Dalam pemaparan itu, hasil kajian teknis disampaikan langsung oleh Pakar Transportasi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Pakar Transportasi Universitas Negeri Makassar, dr. Qadriathi, dan Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Makassar, Prof. Lambang Basri.

“Dari hasil kajian itu sudah tepat bahwa perubahan arus itu layak mengenai degree of saturation-nya, dan kajian analisa itu telah dipaparkan dalam forum internasional jurnal masyarakat transportasi di Asia Tenggara dan poinnya A,” ungkap Iman.

Diketahui, ada beberapa titik yang nantinya akan berubah jalur. Jalan Penghibur yang saat ini dari arah selatan ke utara, ke depan bakal berbalik arah dari utara ke selatan.

Kemudian, Jalan Haji Bau yang sebelumnya dari arah timur ke barat bakal berubah dari barat ke timur.

Jalan Lamadukelleng juga nantinya bakal berbalik arah dari utara ke selatan berubah menjadi dari selatan ke utara.

[HW]

 

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close