BeritaHukumInternasional

Laksdya Aan Harap Kerja Sama Bakamla dan PCG Semakin Kuat

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Laksamana Madya (Laksdya) Aan Kurnia berharap, kerja sama antara Bakamla dan Philipine Coast Guard (PCG) dapat menciptakan keamanan maritim di kawasan.

Hal itu disampaikan Laksdya Aan saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Markas Besar PCG di Manila, Filipina, Selasa, 28 Juni 2022.

“Saya mengharapkan kerja sama ini semakin kuat di masa depan, khususnya dalam mewujudkan keamanan maritim di kawasan,” ungkapnya, dalam keterangan tertulis.

Di tempat yang sama, Wakil Komandan The PCG VADM CG, Eduardo Dacoco Farbicante mengatakan, Indonesia dan Filipina telah bekerja sama sejak tahun 1949 dan terus berlangsung hingga kini.

“Dan merupakan sebuah strategic partnership bagi kedua negara,” katanya.

“Bahkan, kita sudah seperti close brothers,” tutup Eduardo.

Pada kesempatan tersebut, Laksdya Aan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi sejumlah satuan dan fasilitas, yaitu Marine Environmental Protection Command dan Coast Guard Education, Traning and Doctrine Command.

Kunker itu bertujuan untuk mempererat hubungan dan menguatkan saling percaya sebagai kerangka kerja bersama. Hal ini dilakukan untuk penguatan kapasitas bersama dalam penegakkan hukum di laut, khususnya di wilayah perbatasan laut Indonesia dan Filipina.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close