EkonomiBeritaEnergiHukumNasionalUmum

Janji Jokowi Pertalite dan Solar Tetap Disubsidi Pemerintah

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Jokowi menyampaikan komitmennya untuk tak menghapus program BBM bersubsidi yang diberikan kepada masyarakat.

Hal itu ia sampaikan saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka pada Senin, 20 Juni 2022. Meskipun berat, Presiden Jokowi menyatakan komitmennya untuk tetap memberikan subsidi pada beberapa produk.

Selain minyak, gas, dan listrik, program BBM bersubsidi (seperti Pertalite dan Solar) juga dipastikan oleh Jokowi akan tetap dilanjutkan.

“Walaupun beban fiskal kita berat, pemerintah sudah berkomitmen untuk terus memberikan subsidi kepada masyarakat,” katanya.

“Baik yang berkaitan dengan BBM Pertalite dan Solar, yang berkaitan dengan gas dan listrik. Ini yang terus kita jaga” tambahnya pada Senin, (20/06/2022).

Namun, Jokowi meminta agar Kabinet Paripurna bisa memperlonggar kondisi fiskal negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanjag Negara (APBN).

Salah satunya dengan cara Jokowi meminta kementerian dan lembaga serta BUMN untuk terapkan efisiensi belanja sebanyak-banyaknya.

“Agar pemerintah memiliki kelonggaran fiskal,” ucapnya lagi.

Selain itu, Jokowi juga menyatakan kebijakan saat ini adalah untuk prioritaskan agar harga barang baik barang energi, pangan, atau lainnya terjangkau masyarakat. Kemudian, Jokowi memerintahkan jajarannya menggenjot produksi barang dalam negeri.

 

(zbp)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close