Regional

Sempat Gagal, Pemkot Makassar Kembali Raih WTP dari BPK

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar akhirnya kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari BPK RI Perwakilan Sulsel.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) diterima langsung Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bersama Ketua DPRD Rudianto Lallo di kantor BPK RI Perwakilan Sulsel, Jl AP Pettarani, Jumat (20/5/2022).

Danny mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari bimbingan lembaga pemeriksa. Termasuk, sinergitas antara legislatif dan eksekutif yang terjalin dengan sangat baik.

“Ini warisan, tapi tugas konstitusi kita clearkan,” kata Danny.

Sementara itu, Kepala BPK Sulsel Paula Henry Simatupang dalam sambutannya menyampaikan pemberian WTP ke Pemkot Makassar merupakan hasil pemeriksaan terhadap pengelolaan anggaran daerah tahun 2021.

“Untuk pemeriksaan LKPD Makassar 2021, kami berkesimpulan maka opininya WTP. Ini banyak pertimbangan, kami ucapkan selamat,” ujar Henry.

Henry menyampaikan, penyusunan laporan keuangan adalah salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban kepala daerah yang mengemban amanah.

“Kita awasi mulai dari perencanaan hingga penggunaan, ini mewujudkan pengelolaan anggaran yang transparan, akuntabel dan dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Diketahui, Pemkot Makassar gagal mempertahankan WTP terhadap Laporan Keuangan (LK) 2020. Saat itu, BPK memberi opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close