Regional

Indonesia, Jepang dan Filipina Latihan Bersama Pengawasan Tumpahan Minyak di Makassar

BIMATA.ID, Makassar – Indonesia bersama Jepang dan Filipina yang tergabung dalam Regional Polisi Kelautan (Regional Marpolex) latihan bersama penanggulangan tumpahan minyak di laut di Kota Makassar, Selasa (24/5/2022).

Pembukaan latihan ditandai dengan upacara pembukaan yang dipimpin Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di halaman rumah dinas gubernur. Sementara latihan dipusatkan di Pelabuhan Makassar. Total sebanyak 15 kapal akan diturunkan dari ketiga negara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, komitmen Filipina atas kegiatan ini sebagai negara archiepelagi terbesar bersama Indonesia dan berbatasan langsung.

“Demikian juga dengan Jepang yang selalu membantu dalam penangan tumpahan minyak. Sehingga kegiatan latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk penanganan tumpahan minyak,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman berharap, kegiatan ini sebagai komitmen bersama dan momentum memberikan aksi dan pemulihan kondisi laut dari peristiwa tumpahan minyak.

“Ini bukan hanya untuk Indonesia tetapi lintas negara atau negara yang ada di kawasan,” kata Andi Sudirman saat menyampaikan sambutan secara bilingual.

“Oil spill ini jadi momok sebenarnya bagi kita, Karena ini bisa menjadi pencemaran, menjadi polusi termasuk bagi biota laut, juga pada akhirnya akan menjadi masalah bagi manusia,” katanya.

[HW]

 

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close