Berita

Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Hepatitis Akut

BIMATA.ID, Jakarta – Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) minta masyarakat waspada terhadap penyakit hepatitis akut yang diduga telah masuk ke Indonesia setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit misterius ini.

“Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan tindakan pencegahan, salah satunya dengan menjaga kebersihan diri, Sebab Virus ini menularnya lewat asupan makanan yang lewat mulut. Jadi, kita pastikan yang masuk ke anak-anak kita. Ini banyak menyerang di bawah 16 tahun dan lebih banyak lagi di bawah 5 tahun,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, Selasa (10/05/2022).

Pihaknya juga meminta agar para orang tua untuk segera memeriksakan anak dengan gejala tersebut ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal.

“Kalau sudah di atas 100, lebih baik di-refer ke fasilitas kesehatan terdekat. SGPT-SGOT normalnya di level 30-an, kalau sudah naik agak tinggi sebaiknya di-refer ke fasilitas kesehatan terdekat,” ucapnya.

Berdasarkan tercatat Kemenkes terdapat  15 kasus dugaan atau suspek hepatitis akut. Tiga kasus pertama di Indonesia dilaporkan pada 27 April 2022 atau beberapa hari setelah Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyampaikan adanya kejadian luar biasa atau outbreak di Eropa.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close