BeritaPolitik

SMRC: Elektabilitas Prabowo Teratas dari Kalangan Elite Parpol

BIMATA.ID, Jakarta – Nama Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto, menempati urutan teratas sebagai calon presiden (Capres) dari kalangan elite inti partai politik (parpol).

Elektabilitas Prabowo mengungguli sejumlah pimpinan parpol lain yang juga punya peluang maju pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Hasil ini menjadi temuan dari survei terbaru yang digelar Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkait Pilpres 2024.

Dalam simulasi tertutup 10 nama pemimpin atau elite inti parpol jika Pilpres digelar saat ini, Prabowo berpeluang mendapat dukungan terbanyak di angka 42,2 persen. Di urutan kedua ada Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 12,5 persen.

Lalu, Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di posisi ketiga dengan angka 6,1 persen. Sementara yang menjawab belum tahu sebesar 24,5 persen.

“Jika Pilpres hanya diikuti oleh pemimpin-pemimpin partai, Prabowo memiliki peluang paling besar untuk terpilih sebagai presiden,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, dalam rilis yang disiarkan melalui akun YouTube, Kamis (07/04/2022).

Hingga saat ini, lanjut Abbas, di kalangan elite parpol yang berpeluang maju kontestasi, nama Prabowo memang masih tinggi.

“Sampai saat ini belum ada tokoh pimpinan parpol yang mendekati elektabilitas Prabowo Subianto,” ujarnya.

“Sementara demikian, jika Pemilu dilakukan saat ini dan beliau-beliau itu yang maju, maka Prabowo punya peluang besar untuk menang,” tutup Abbas.

Survei tersebut dilakukan pada periode pertengahan Maret 2022, dengan melibatkan 1220 responden yang dipilih secara random atau multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini ± 3,12% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close