BeritaPolitik

Mahfud MD Sebut Pemerintah Sudah Dengar Aspirasi BEM SI

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia (RI), Mahfud Md mengatakan, Pemerintah RI sudah mendengar aspirasi yang disampaikan mahasiswa saat demo pada 11 April 2022.

Pemerintah RI, kata Mahfud, senang melihat aspirasi tersebut disampaikan dengan baik. Sehingga, Pemerintah RI menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para mahasiswa.

“Aspirasi anda sudah kami dengar sesudah anda sampaikan secara terbuka, dan pimpinan DPR juga sudah menjanjikan untuk mem-follow up sesuai dengan aspirasi para mahasiswa,” katanya, lewat keterangan video, Selasa (12/04/2022).

Mantan Ketua Mahkamah (MK) RI ini mengemukakan, Pemerintah RI tidak akan pernah menghalang-halangi mahasiswa untuk melakukan demo.

“Pemerintah senang mendengar aspirasi itu disampaikan dengan baik dan pemerintah tidak akan pernah menghalangi, karena itulah dulu yang kita perjuangkan,” tandas Mahfud.

Pun, Mahfud mengaku, bersyukur demo mahasiswa sebagai bagian dari penyaluran hak politik di dalam negara demokrasi, serta berjalan dengan aman, lancar, dan tidak ada insiden yang berarti. Dia juga turut menyampaikan terima kasih ke aparat keamanan.

“Sudah berhasil memetakan situasi sehari sebelumnya, termasuk rute dan jumlah peserta yang hampir akurat dari yang dilaporkan sebelumnya kepada kami, dan cara-cara penyelesaian yang humanis sudah dilakukan dengan baik,” imbuh alumnus Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini.

Sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mengancam akan kembali turun ke jalan, jika tuntutan yang telah disampaikan saat demonstrasi di depan Gedung DPR RI, Senin, 11 April 2022, tak kunjung ditepati para pimpinan DPR RI.

Tiga Wakil Ketua DPR RI, yakni Sufmi Dasco dari Fraksi Partai Gerindra, Rahmat Gobel dari Fraksi Partai NasDem, dan Lodewijk F Paulus dari Fraksi Partai Golkar, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemui massa BEM SI. Mereka berjanji menyampaikan tuntutan mahasiswa ke Pemerintah RI.

“Untuk ke depannya kami akan eskalasikan lagi,” kata Koodinator Media BEM SI 2022, Luthfi Yufrizal, Selasa (12/04/2022).

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close