PolitikBeritaEkonomiRegionalUmum

Tina Wiryawati: Peningkatan Kualitas SDM dan Ketersediaan Lapangan Kerja Jadi Kunci Mengurangi Urbanisasi

BIMATA.ID, Jabar- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Tina Wiryawati S.H., menekankan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa dan penyediaan lapangan kerja serta usaha di desa menjadi kunci utama dalam mengurangi urbanisasi.

“Pemerintah provinsi harus mengutamakan pembangunan SDM di desa karena inilah kunci kesejahteraan masyarakat desa sekaligus mengurangi urbanisasi. Pembangunan infrastruktur memang penting, tapi yang tidak kalah penting adalah program-program untuk peningkatan SDM di desa,” ujarnya di Bandung, Kamis (17/03/2022).

Tina mengatakan pentingnya peningkatan kualitas SDM di desa ini dicermatinya setiap menjalani reses ke daerah pemilihannya. Bahkan, banyak warga desa yang bekerja di luar daerah sekaligus sekolah atau melanjutkan kuliah di kota tempat kerjanya.

Anggota dewan dari daerah pemilihan Kabupaten Kuningan, Ciamis, Pangandaran, dan Kota Banjar, ini mengatakan di daerah pemilihannya diketahui bahwa tidak sedikit warga yang bekerja di luar daerah, di antaranya di Jawa Tengah.

Hal ini disebabkan perusahaan-perusahaan di Jawa Tengah membutuhkan banyak pekerja terampil.

“Mereka bekerja di sana, sekaligus kuliah mengambil kelas karyawan di sekolah tinggi ilmu ekonomi dan pariwisata. Dengan pendidikannya, mereka jadinya bukan sekedar pekerja di tingkat bawah, bahkan bisa menjadi operator dan staf,” ujar politisi Partai Gerindra itu.

Dirinya mengatakan, program seperti ini seharusnya dicontoh dan diterapkan di Jawa Barat. Dengan demikian, para pekerja asal Jabar bisa naik kelas dan jenjang kariernya pun meningkat.

“Kami harap setelah para pekerja ini sukses, mereka pulang ke kampung halamannya dan membangun desanya. Kami cermati di Kuningan dan Pangandaran, misalnya, mereka diprogramkan untuk mengelola desa wisata. Nah di sinilah terbukti bahwa SDM itu sangat vital untuk pembangunan desa,” katanya.

Tina menuturkan Covid-19 membuat banyak warga yang tadinya bekerja di kota, kembali ke desa karena terkena PHK. Mereka pun menganggur dan membutuhkan pembinaan dari pemerintah supaya bisa bekerja atau berusaha di desa.

“Pemerintah harus turun tangan ya untuk mengatasi permasalahan pengangguran di desa ini. Mereka bisa dibina atau dididik untuk berusaha di desa atau ada program pemerintah untuk menciptakan usaha di desa sehingga mereka bisa bekerja di desa, tidak harus ke kota,” ujarnya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close