BeritaNasional

Erick Thohir Bakal Bangun Rumah Indonesia di Mekkah untuk Jamaah Haji dan Umrah

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana membangun Rumah Indonesia di Mekkah. Rumah ini menampung jamaah haji dan umroh asal Indonesia.

Erick memastikan, proyek ini segera digarap perusahaan pelat merah. Skema pendanaan pun akan digelintorkan PT Bank BNI Tbk. Hanya saja, Erick belum merinci nominal pendanaan yang dimaksud.

“Saya mengharapkan dukungan dari BPKH untuk berpartisipasi dalam skema pendanaannya berkolaborasi dengan Bank Nasional Indonesia (BNI) untuk mendanai konstruksi proyek Rumah Indonesia,” ungkap Erick dalam gelaran Global Islamic Investment Forum 2022 Jumat (25/3/2022).

Erick pun meminta agar Islamic Development Bank atau ISDB dapat berdiskusi dengan PTPP dan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) dalam rangka membahas kemungkinan kolaborasi dalam pengerjaan Rumah Indonesia.

Pengerjaan proyek itu, lanjut Erick, silatari oleh Indonesia sebagai salah satu negara dengan jamaah haji dan umroh terbesar di dunia, selain Arab Saudi.

Karena itu, Kementerian BUMN berencana membangun proyek Rumah Indonesia di Mekkah untuk melayani jemaah haji dan umroh asal Indonesia. Perusahaan BUMN PT PP menjadi lead developer-nya.

Keinginan itu sudah disampaikan Erick sebelumnya, dia mengatatkan pihaknya memiliki mimpi untuk berinvestasi membangun rumah haji di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

“Kami juga memiliki mimpi yang memang sedang dijajaki, siapa tahu berjodoh lagi. Kita sedang mencari kesempatan untuk berinvestasi bagaimana membangun rumah haji di Mekkah yang selama ini kita belum memiliki,” tutur Erick.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close