BeritaBisnisEkbisEkonomiRegionalSains & TekUMKM

Pelaku UMKM di Solo Ikuti Pelatihan Digital Marketing

BIMATA.ID, Jakarta- Sejumlah pelaku UMKM se-Solo Raya mengikuti pelatihan digital entrepreneurship, yang digelar oleh Pemerintah Kota Surakarta menggandeng Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Yogyakarta, di Hotel Harris Kota Surakarta.

Kegiatan yang berlangsung mulai 2 hingga 3 Februari tersebut untuk melatih pelaku UMKM, agar mampu bersaing dalam digital marketing/online marketing, serta pengelolaan keuangan.

Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mewakili sambutan Wali kota Surakarta mengatakan, pelaku UMKM harus tetap bertahan dan beradaptasi dalam pandemi Covid-19 dengan menggunakan teknologi, untuk membantu mengembangkan usahanya.

“Penjualan secara online laris sekali. Dan kesempatan kali ini yang digelar Kementerian Kominfo untuk melatih UMKM belajar digital marketing, sesuai dengan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali kota Kurakarta, untuk meningkatkan UMKM Kota Surakarta (agar terus) bertahan, bahkan semakin meningkat ke kelas menengah ke atas,” ujarnya.

Di sisi lain, penggunaan teknologi juga penting agar UMKM Kota Surakarta mampu bersaing, sehingga turut membranding Kota Solo yang tidak hanya dikenal sebagai kota budaya, dan wisata, namun juga sebagai kota perdagangan digital, kuliner dan smart city.

Perwakilan BPSDMP Kemenkominfo Yogyakarta, Suwarto menjelaskan pentingnya pelatihan tersebut bagi UMKM dalam rangka mempersiapkan pengusaha tangguh, untuk meningkatkan pendapatan usahanya, mengelola keuangan dan akses dana, dengan memanfaatkan teknologi.

“Kemenkominfo membantu up skilling atau re skilling pelaku usaha atau yang merintis usaha, menyiapkan pengusaha tangguh yang memanfaatkan teknologi digital, dan membantu meminimalisir pengangguran terbuka di masyarakat,” jelas Suwarto.

Suwarto juga berharap output kegiatan tersebut mampu dimanfaatkan peserta dalam merencanakan, mengelola keuangan dan mendistribusikan informasi mengenai produk usaha mereka.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close