BeritaPolitik

Komisi II DPR Tetapkan 7 Anggota KPU dan 5 Anggota Bawaslu Periode 2022-2027

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), telah menetapkan tujuh nama Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan lima nama Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI periode 2022-2027, pada Kamis dini hari, 17 Februari 2022.

Selanjutnya, nama-nama Anggota KPU RI dan Bawaslu RI tersebut akan dibawa ke Rapat Paripurna untuk kemudian diserahkan kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengemukakan, setelah melalui serangkaian proses dialog dan perdebatan yang panjang, akhirnya diputuskan Anggota KPU RI dan Bawaslu RI periode 2022-2027.

Pemilihan Anggota KPU RI dan Bawaslu RI itu berdasarkan beberapa pertimbangan, yakni dari pertimbangan objektif hingga pertimbangan politik.

Doli menyebut, Komisi II DPR RI melihat integritas, kapasitas kepemiluan, leadership, kemampuan membangun komunikasi, inovasi, kreativitas, hingga aspek kesehatan fisik dan mental calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI.

Komisi II DPR RI pun menilai para calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI sejak dari awal proses seleksi hingga dalam proses uji kelayakan dan kepatutan.

“Jadi pertimbangan objektif, pertimbangan kualitas, itu menjadi pertimbangan utama,” ujar Doli, Kamis (17/02/2022).

Di sisi lain, Doli juga tidak menampik adanya pertimbangan politik dalam memilih Anggota KPU RI dan Bawaslu RI periode 2022-2027.

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini menilai, kepentingan politik adalah kepentingan bangsa dan negara, serta kepentingan mengakomodir semua kekuatan politik yang ada, baik secara formal mewakili rakyat melalui Anggota DPR RI maupun mewakili partai politik masing-masing.

“Kepentingan politik masing-masing dari kita semua. Tentu yang pertama adalah kepentingan politik bangsa dan negara. Kedua, adalah kepentingan yang mengakomodir semua potensi kekuatan politik yang ada, baik itu secara formal mewakili rakyat kita sebagai Anggota DPR dan juga mewakili partai politik kita masing-masing,” tutur legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Sumatera Utara III ini.

Berikut tujuh nama Anggota KPU RI periode 2022-2027 terpilih:

  1. Betty Epsilon Idroos,
  2. Hasyim Asy’ari,
  3. Mochammad Afifuddin,
  4. Parsadaan Harahap,
  5. Yulianto Sudrajat,
  6. Idham Holik, dan
  7. August Mellaz.

Lima nama Anggota Bawaslu RI periode 2022-2027 terpilih:

  1. Lolly Suhenty,
  2. Puadi,
  3. Rahmat Bagja,
  4. Totok Hariyono, dan
  5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close