Berita

BMKG Menyatakan Telah Terjadi Gempa Magnitudo 6,2 di Sumatera Barat

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, berdasarkan hasil analisis telah teradi gempa bumi dengan magnitudo 6,2 yang terjadi di Pasaman Barat, Sumatra Barat, pada Jumat, pukul 08.39 WIB akibat adanya aktivitas Sesar Sumatera.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” katanya, Jumat (25/02/2022).

Pihak BMKG Juga menyatakan, Episenter gempa terletak pada koordinat 0,14 derajat LU, 99,94 derajat BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Timur Laut wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat pada kedalaman 10 km.

“Guncangan gempa dirasakan di daerah Pasaman dengan skala intensitas V MMI yaitu getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun. Kemudian di Agam, Bukitttinggi, dan Padang Panjang dengan skala intensitas IV MMI yaitu bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah,” ucapnya.

Masyarakat juga diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelasnya.(0z)

Tulisan terkait

Bimata
Close