KesehatanPeristiwaRegionalUmum

Rangkaian HUT Ke-14 Gerindra , PIRA Kota Semarang Adakan Donor Darah

BIMATA.ID, Semarang – Pimpinan Cabang Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Kota Semarang, gelar aksi sosial donor darah dan diskusi seputar kesehatan di Kantor DPC Gerindra, Jalan Muwardi Raya, Kalicari, Pedurungan, pada Minggu (23/1/2022). Menurut keterangan Ketua PIRA Kota Semarang, Nur Aisyah Prana Dewi, giat sosial bekerja sama dengan para nakes dan dokter dari RSUP Dr. Kariadi, Kota Semarang dan sebagai rangkaian acara dalam menyambut HUT ke-14 Gerindra yang akan jatuh pada 6 Februari mendatang.

Melalui kegiatan ini, dirinya ingin mengajak kepada seluruh kader Gerindra dan masyarakat umum untuk berbagi, meningkatkan jiwa sosial di tengah pandemi COVID-19 yang belum juga kunjung usai.

“Apalagi di masa pandemi, pendonor darah sangat dibutuhkan. Alhamdulillah kegiatan ini tidak hanya diikuti kader partai saja, tapi masyarakat sekitar juga turut berpartisipasi. Meski hanya sekantong darah, setidaknya hal itu bermanfaat bagi yang membutuhkan,” ungkap Aisyah.

Lanjutnya, pada giat donor darah ini tercatat ada 120 peserta yang turut andil mendaftar untuk menyumbangkan darahnya. Proses donor darah pun diawasi dan diarahkan sesuai prosedur kesehatan yang berlaku, seperti para pendonor wajib lolos screening layak donor dari nakes yang bertugas.

Giat yang dilakukan PIRA Kota Semarang ini juga mendapatkan apresiasi dari Dokter Spesialis Patologi RSUP Dr. Kariadi, Dr. Mujo Rahayu, Menurutnya, aksi donor darah ini sangat membantu masyarakat yang kekurangan darah di rumah sakit. Dirinya mengatakan bahwa kebutuhan darah di RSUP Dr. Kariadi sebanyak 8.500 kantong per bulan. Saat ini terpenuhi 5.500 kantong per bulan. Pihaknya terus berupaya mencari pendonor melalui berbagai kegiatan.

“Kami mencari pendor-pendonor dari instansi, organisasi, maupun masjid taklim yang bisa membantu mendonorkan darahnya. Misal, kami mendapatkan berapa kantong hari ini, langsung kami olah karena ada data operasi yang sudah terjadwal,” terangnya.

 

(IBN)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close