Regional

Program Swab on The Road Berakhir, Dishub Tunggu Instruksi Wali Kota

BIMATA.ID, Makassar – Program Swab on The Road Pemkot Makassar berakhir hari ini, Senin (23/8/2021). Pemkot mengklaim program ini berhasil.

Swab on The Road dimulai pada Kamis (12/8/2021) lalu. Dari program ini, ada sekitar 5 ribu orang lebih pengendara yang diswab.

“Jumlah pengendara yang di-swab mencapai 5.211 orang. Sementara yang positif sebanyak 92 orang atau sekitar sekitar 1,7 persen. Awal-awalnya 2,6 persen,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Imam Hud, Senin (23/8/2021).

Terkait berakhirnya jadwal program Swab on The Road ini, Iman mengatakan, pihaknya masih menunggu petunjuk dari wali kota apakah akan dilanjutkan atau tidak.

“Kita belum terima petunjuk dari wali kota. Kita masih menunggu petunjuk apakah ada model baru atau ditindaklanjuti kembali, kita tunggu perintah saja,” tambahnya.

Imam mengapresiasi keterlibatan seniman dalam program ini. Menurutnya, peran seniman cukup produktif untuk menarik minat masyarakat melakukan swab antigen dalam program Swab on The Road tersebut.

“Keberadaan musisi membuat program ini berjalan secara humanis. Di mana yang tadinya masyarakat kurang semangat dan tegang sekarang merasa nyaman dan tidak was-was,” katanya.

Adapun yang dinyatakan positif swab antigen saat pemeriksaan di pos Swab on The Road akan dilakukan tracing.

“Yang positif ditindaklanjuti dan dilaporkan ke puskesmas sesuai dengan alamat KTP untuk di-tracing. Tracing ini penting karena semakin banyak di-tracing peluang memutus rantai penyebaran Covid-19 semakin baik. Kalau orang sakit kita berharap agar segera sembuh, namun kita upayakan agar tidak melakukan transmisi ke yang sehat. Makanya tracing jadi sangat penting,” katanya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close