Regional

Ketua DPRD Bone Diingatkan Bahaya Korupsi

Rapat Bersama Tito Karnavian

BIMATA.ID, BONE — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone Sulawesi Selatan diingatkan tentang bahasa melakukan korupsi.

Hal itu terungkap saat mengikuti Rapat Kerja Evaluasi Program Strategis Kegiatan Pemerintah Daerah yang digelar secara virtual bersama Bupati Bone yang dipimpin langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian.

Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pada awal tahun sudah ada kepala daerah tersangkut hukum dan hal ini tentunya akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Sebab itu, perlu adanya good government yang jauh dari praktik korupsi.

“Dari hasil analisis, 3 faktor yang menyebabkan korupsi diantaranya, yang pertama sistem. Jadi tindak pidana korupsi secara tersistem, baik sistem politik, sistem rekruitmen, sistem administrasi pemerintahan, oleh karena itu perbaikan sistem perlu kita lakukan,” tegas Tito, Senin (24/1/2022)

Tak hanya itu, faktor kedua yakni masalah integritas, karena moral dan mental yang kurang baik. Banyak yang berpikir jabatan itu bukan amanah, hingga memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi. Faktor terakhir adalah budaya, dimana seringkali terjadi budaya yang salah tapi dianggap biasa.

“Budaya seperti ini harus dipotong, harus dengan kekompakan dari atas sampai kebawah,” tutupnya.

Sahar

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close