BeritaEkonomiPolitikRegionalUmum

Jaga Kebersihan Serta Tingkatkan Perekonomian Warga, Tina Wiryawati Gencarkan Gerakan Ubah Sampah Jadi Emas

BIMATA.ID, Jabar-  Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Tina Wiryawati melakukan pelatihan bagi kepala desa dan madu umum melalui wadah Tina Wiryawati Center Peduli Lingkungan (TWCPL).

“Sampah tidak hanya merusak kelestarian lingkungan, tapi juga mengganggu kesehatan masyarakat. Pencemarannya melalui udara, air, tanah, maupun organisme lain dapat menimbulkan penyakit,” Legislator Partai Gerindra itu, Minggu (02/01/2022).

Atas keprihatinan dan aspirasi yang ia serap terkait permasalahan sampah, Tina mengatakan keinginannya untuk membangkitkan kesadaran akan kebersihan dan memanfaatkan sampah.

Dengan kegiatan pelatihan pengelolaan sampah, Tina menyampaikan mengangkat tema “Mengubah Sampah Menjadi Emas” dengan menghadirkan kepala desa dan masyarakat umum.

“Sampah ini sebenernya dapat dimanfaatkan dan bisa menjadi emas. Apabila, sampah dikelola dengan baik dan dipilah untuk dijadikan pupuk, bahan kerajinan, ataupun untuk budidaya maggot,” ujarnya.

Tina mengatakan, pelatihan pengelolaan sampah ini tidak hanya dilakukan di Kabupaten Kuningan saja. Kedepannya, akan terus dikembangkan di dapil Jabar XIII.

“Iya mudah-mudahan dengan pelatihan ini. Pemerintahan Desa dapat memanfaatkan limbah sampah dengan bisa menghasilkan emas dari sampah tersebut, sehingga desa dapat lebih mandiri dan maju,” ujarnya.

Di waktu yang sama, Kepala Desa Karangkamulyan Kecamatan Ciawigebang, Yayat Supriyatna menyampaikan apresiasi atas diselenggarakan pelatihan pengelolaan sampah.

Yayat menjelaskan, meskipun tidak direncanakan dan kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu untuk peningkatan pengetahuan dalam pengelolaan sampah.

“Meskipun kami 2020 sudah melakukan program untuk tong sampah, namun hal itu belum efektif. Sehingga sampah pun harus dipilah untuk dijadikan bahan-bahan seperti pupuk, ataupun lainnya,” ujar Yayat usai kegiatan pelatihan.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close