Berita

Warga Diminta Waspada Kawah Gunung Karangetang Keluarkan Sinar Api

BIMATA.ID, Sintaro – Ketua Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Karangetang, Yudia Prama mengatakan, gunung Karangetang di Kabupaten Sitaro , Sulawesi Utara mulai menunjukkan kegiatan yang menonjol, karena itu warga di sekitar gunung diminta waspada.

Diketahui, Gunung Karangetan memiliki dua puncak kawah, selatan dan utara, Kawah Utara menunjukkan kegiatan yang menonjol dimana sering terjadi hembusan asap kelabu tipis sampai tebal. Bahkan pada malam hari teramati sinar api keluar dari kawah.

“Keadaan ini perlu diwaspadai oleh kita semua yang melintasi Sungai Sumpihi, Hiung, Kiawang, Batuare, Batukole Melebuhe dan Saboang, apalagi di saat curah hujan yang tinggi,” katanya, Selasa (28/12/2021). 

Masyarakat diminta waspada karena faktor ini bisa memicu letusan yang disebut freomagmatik (penguapan) yang kemungkinan membongkar kubah lava yang ada di puncak kawah dan nantinya akan ada awan panas guguran.

Di kali Batuawang Kelurahan Bebali Kecamatan Siau Timur (Sitim) kata dia, lahar hujan menyeret material vulkanik Karangetang pada Senin ( 27/12) sekitar pukul 22.30 Wita sehingga perlu diwaspadai.

“Di kawasan wisata air panas kampung Lehi Kecamatan Siau Barat juga ada material vulkanik dominan pasir di DAS Timbelang, Perlu diwaspadai di saat hujan,” pungkasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close