BeritaPolitik

Jokowi Lantik Tujuh Komisioner Komnas Disabilitas

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), melantik tujuh komisioner Komisi Nasional (Komnas) Disabilitas di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021.

Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI Bidang Sosial, Angkie Yudistia menyebut, hal tersebut merupakan bukti nyata perhatian pemerintah terhadap hak kaum difabel.

“Berdirinya Komnas Disabilitas ini adalah langkah awal yang positif atas kesetaraan penyandang disabilitas untuk menciptakan lingkungan yang inklusif, Indonesia yang ramah terhadap disabilitas,” katanya, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (01/12/2021).

Angkie menerangkan, pembentukan Komnas Disabilitas untuk memastikan kaum difabel memiliki ruang sama dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan, mereka bisa berkontribusi membangun bangsa.

Sementara itu, Ketua Komnas Disabilitas, Dante Rigmalia mengaku, sangat bahagia karena momen itu menjadi sebuah pembelajaran dan pengayaan. Khususnya, bagaimana mewujudkan upaya penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

“Kaum difabel kini bisa menikmati hasil pembangunan dan juga berkontribusi dalam pembangunan. Mereka akan menjadi individu dan warga negara yang bisa berkontribusi untuk negara,” ujar Dante.

Dante juga meminta dukungan seluruh pihak terkait, agar tugas dan fungsi Komnas Disabilitas dapat berjalan dengan lancar. Tujuh komisioner berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Empat di antara mereka adalah penyandang disabilitas. Adapun, tiga lainnya datang dari golongan nondisabilitas.

Pelantikan keanggotaan dan pembentukan KND merupakan komitmen kepala negara dalam merealisasikan Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, yang kemudian diperkuat oleh Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komnas Disabilitas.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close