Berita

Wapres Ma’ruf Amin Minta Seluruh Pemda Dapat Melakukan Mitigasi Saat Terjadi Bencana

BIMATA.ID, Medan — Pemerintah Pusat mengingatkan kepada seluruh pemerintah daerah(Pemda) untuk meningkatkan antisipasi dan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrim yang berpotensi menjadi penyebab bencana banjir dan longsor.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat memimpin Rapat tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Pelayanan Publik di Provinsi Sumatera Utara.

“Karena itu saya minta kepada seluruh pemerintah daerah, kabupaten menyiapkan melakukan penanganan dan mitigasi kemungkinan terjadinya, tidak hanya pada saat kejadian itu terjadi, tapi juga kita antisipasi sebelumnya,” katanya, Rabu (17/11/2021).

Wapres juga mengatakan, adanya fenomena La Nina di Indonesia, Fenomena La Nina ini diprediksi akan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia di atas normal, sehingga berpotensi menimbulkan bencana banjir, longsor dan bencana lainnya.

“Meminta Pemda yang daerahnya rawan bencana untuk melakukan antisipasi, Jadi bagian selalu kita hadapi setiap tahun mungkin di beberapa daerah di Sumatera Utara, saya lihat juga ada daerah-daerah yang berkemungkinan,” ucapnya.

Wapres juga mengingatkan Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang rawan akan bencana. Karena itu, Wapres berpesan agar seluruh jajaran pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Aceh untuk melakukan mitigasi bencana agar dampak yang ditimbulkan dari terjadinya bencana dapat diperkecil.

“Bagaimana menanggulanginya, bagaimana penyimpanannya, penanggulangannya, untuk konsumsinya, kesehatannya. Sehingga tidak ada korban yang terjadi karena sudah disiapkan dan masyarakat nya sudah prepare (siap) menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,” tungkasnya. (oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close