Regional

Ibnu Ariebowo Kusumo Dorong Pemkot Bogor Tingkatkan Fasilitas bagi Pedestrian dan Pesepeda

BIMATA.ID, Bogor – Anggota DPRD Jawa Barat dari Partai Gerindra Ibnu Ariebowo Kusumo mendorong Pemerintah Kota Bogor untuk meningkatkan fasilitas trotoar bagi pejalan kaki (pedestrian).

Anggota DPRD Jabar dari Dapil Kota Bogor ini menilai, fasilitas bagi pedestrian selama ini kurang tertangani dengan baik. Masih ditemukan fasilitas pejalan kaki yang belum memenuhi harapan baik bagi pejalan kaki normal maupun difabel.

“Misalnya, masih saya temui ada yang tidak menggunakan ramp (jalan kursi roda) di tempat penyeberangan, dan akses jalan masuk bangunan atau pintu, sehingga menyulitkan pejalan kaki dan menghalangi akses kaum difable terutama pengguna kursi roda,” kata Ibnu dalam keterangan persnya kepada bimata.id, Rabu (3/11).

Anggota Komisi V DPRD Jabar ini juga menyoroti masih ditemukannya lebar trotoar yang sempit dan kelandaian yang terlalu curam sehinga dinilainya menyulitkan bagi pejalan kaki.

“Ada juga yang terhalang tiang listrik, pohon, dan halte. Belum lagi trotoar yang dijadikan parkir dan jualan pedagang kaki lima,” papar Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jabar ini.

Menurut Ibnu, permasalahan disfungsi trotoar menjadi tempat parkir dan jualan PKL paling sering terjadi. Kondisi ini membuat trotoar tidak berfungsi dengan semestinya.

“Dampaknya pejalan kaki sering kali terpinggirkan, pejalan kaki hingga turun ke jalan yang berdampak terhadap pengurangan kapasitas jalan dan resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Perlu ditemukan solusinya menampung PKL ke lokasi lain,” ucap Ibnu.

Ibnu juga mendorong agar Pemkot meningkatkan fasilitas bagi pengguna sepeda di jalan raya. Saat ini pengguna sepeda atau komunitas sepeda telah berkembang pesat di kota-kota besar, terutama Kota Bogor.

“Tapi keberadaannya masih harus berjibaku dengan kendaraan bermotor di jalan, dikarenakan sampai saat ini di Kota Bogor masih kurang jalur khusus untuk sepeda, baik itu yang berupa bike pad, bike line, maupun bike road. Saya dorong, ke depan Pemkot juga perhatikan para pengguna sepeda ini,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close