Regional

Siap Lelang, Pemkot Makassar Cari Invenstor untuk Proyek PLTSa 

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar mencari investor untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Investor akan ditentukan melalui mekanisme tender.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar Aryati Puspasari Abady mengatakan, PLTSa akan dilelang pada Desember 2021. Sejumlah tahapan sebelum membuka lelang untuk mencari investor kini telah dirampungkan.

“Sudah tahap akhir, kata Puspa, Senin (22/11/2021).

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyebut, tahun 2022 sudah masuk tahap desain. Selanjutnya 2023 percobaan operasional dan 2024 sudah beroperasi penuh.

“Teman- teman dari ITB, LIPI, teknologi dari seluruh dunia ternyata kita tepat sekali mengantisipasinya. Jadi kita sebenarnya sudah matang. Tinggal timnya saja saya bentuk,” katanya.

PLSTa diperlukan karena daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa melebihi kapasitas. Bahkan, tumpukan sampah sudah mencapai 15 meter.

Tak hanya itu, Danny juga menegaskan kehadiran PLTSa tidak akan menghilangkan peran Bank Sampah. Pasalnya, program tersebut dinilai bermanfaat.

“Meskipun ada teknologi nanti, Bank Sampah tak akan dihapus. Karena itu yang memperkuat pengelolaan sampah nantinya,” jelasnya.

(HW)

 

 

 

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close