Regional

BPBD Siaga Potensi La Nina di Bagian Utara dan Barat Sulsel

BIMATA.ID, Makassar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel tengah siaga potensi terjadinya hidrometereologi akibat penomena La Nina.

Kepala BPBD Sulsel Muhammad Firda mengatakan, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis bahwa potensi hujan kali ini ada La Nina sehingga ada pula penambahan distribusi curah hujan.

Oleh karena itu, masyarakat diminta mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi khususnya Sulawesi Selatan bagian Utara dan Barat.

“Informasi dari BMKG itu yang akan kita monitor terus, begitu curah hujan tinggi, kita akan standby lagi. Seperti itu yang dilakukan, jadi ini sudah tersistem di bawah, kami dengan kabupaten/kota berkoordinasi terus,” kata Firda, Selasa (2/11/2021).

Ia menyampaikan bahwa pihaknya akan lebih memperhatikan daerah-daerah berdasarkan mitigasi terhadap kebencanaan. Termasuk pula sosialisasi pada setiap level kebencanaan.

Terlebih, kata Firda, BMKG telah menyampaikan prakiraan tingginya curah hujan pada akhir tahun ini. Maka setiap BPBD kabupaten/kota juga tengah menyiagakan personilnya dalam mengantisipasi dampak La Nina.

“Kalau kita sekarang ini sudah siap siaga mulai bulan Oktober ini sampai bulan Februari tahun depan sesuai dengan informasi dari BMKG, ini kan sudah terjadi banjir di Palopo, Luwu maka program ke depan akan mengutamakan di Luwu,” ujar dia.

Tim BPBD di masing-masing wilayah telah terorganisir untuk segera siap siaga dalam mengatasi dampak bencana, khususnya pada distribusi bantuan yang dengan segera harus disalurkan kepada masyarakat terdampak.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengemukakan BPBD dan Kementerian Pertanian bekerjasama dalam mengantisipasi dampak fenomena La Nina pada sektor pertanian.

“Tentu kita di Sulsel bersiap antisipasi dampak La Nina, seperti BPBD dengan Kementerian Pertanian untuk mengantisipasi dampaknya pada ladang-ladang sawah yang bisa gagal panen,” katanya

Termasuk beberapa bencana hidrometeorologi yang telah terjadi di Sulsel, berbagai tim telah dikerahkan dalam mengatasi dampak bencana tersebut.

“Terkait bencana-bencana di wilayah, tim lagi bekerja, termasuk ada jembatan yang hilang, kita akan membuat jembatan darurat,” tambah Andi Sudirman.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close