BeritaEkonomiInternasionalNasionalUmum

Tekan Angka Pengangguran, Pemerintah Akan Kirim 10 Ribu Orang Untuk Magang ke Jepang

BIMATA.ID, Kalimantan- Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah akan mengirimkan kembali 10 ribu orang secara bertahap ke Jepang untuk mengikuti program pemagangan di luar negeri. Kerjasama Kementerian Ketenagakerjaan bersama pemerintah Jepang ini dilanjutkan seiring terkendalinya angka kasus Covid-19 di tanah air.

Program pemagangan di Jepang itu sejatinya sudah dimulai sejak tahun 1993 silam. Sekitar 85 ribu warga Indonesia sampai saat ini telah mengikuti program itu.

“Salah satu yang kita dapatkan, tidak sedikit dari mereka yang pada akhirnya masuk di pasar kerja di dalam negeri maupun di Jepang. Dimulai dari pemagangan hingga bisa jadi pekerja,” katanya di Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (11/10/2021).

Manfaat lain dari pemagangan luar negeri adalah tidak sedikit juga dari eks peserta pemagangan menjadi enterpreneur.

“Menjadi pengusaha. Dan banyak contoh dari testimoni teman-teman mantan peserta pemagangan memiliki pekerja hingga 500 orang. Mulai dari usaha kecil menjadi usaha skala menengah,” ujarnya.

“Pemagangan ini menjadi alternatif untuk keinginan menekan angka pengangguran. Salah satu alternatifnya, pemagangan sebagai bagian dari proses pelatihan,” tambah Ida.

Dengan menempatkan peserta magang di perusahaan di Jepang bertujuan agar bisa merasakan situasi tempat bekerja.

“Pemagangan itu bukan untuk mendapatkan tenaga kerja murah secara terselubung. Tapi bagian dari proses pelatihan,” tegas Ida.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close