Berita

BNPB Menyatakan Akibat Terjangan Angin Kencang Rumah Warga Desa Putat Nutug Rusak

BIMATA.ID, Bogor — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, mengatakan terjadi bencana hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda Desa Putat Nutug di Kecamatan Ciseeng dan Desa Karang Asem Barat di Kecamatan Citeureup,Kabupaten Bogor, pada minggu (17/21) mengakibatkan empat rumah rusak.

“Sebanyak 4 KK/19 jiwa terdampak serta menyebabkan 1 KK/3 jiwa mengungsi ke rumah kerabat terdekat,” katanya, Selasa (19/10/2021).

Pasca Kejadian, BPBD Kabupaten Bogor segera mengerahkan Tim Reaksi Cepat bersama tim gabungan lainnya untuk melakukan evakuasi pembersihan pohon tumbang.

“Tim juga melakukan pendataan dan koordinasi dengan lintas instansi guna mempercepat penanganan kejadian ini,” sambungnya.

Berdasarkan analisa InaRISK, Kabupaten Bogor memiliki potensi cuaca ekstrem dengan kategori sedang hingga tinggi.

Untuk mengurangi resiko dampak dari bencana hidrometeorologi salah satunya fenomena angin kencang, BNPB mengimbau masyarakat selalu waspada dan siap siaga.

“Selain itu, warga juga dapat melakukan tindakan pencegahan seperti melakukan pemotongan ranting di sekitar tempat tinggal dalam rangka menghadapi potensi bencana yang dipicu faktor cuaca,” tutupnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close