Kesehatan

Sering Sakit Saat Buang Air Kecil, Waspadai Tanda Penyakit Serius

BIMATA.ID, Jakarta- Sejumlah perempuan sering mengalami rasa sakit dan nyeri saat buang air kecil. Bahkan, kondisi itu terkadang membuat perempuan menahan buang air kecil karena takut.

Jika itu masalahnya, kamu mungkin menderita kondisi yang disebut disuria. Disuria mengacu pada buang air kecil, yang ditandai dengan rasa sakit yang hebat, ketidaknyamanan, atau sensasi terbakar.

Ketidaknyamanan umumnya dirasakan saat buang air kecil. Tapi apakah ini alasan untuk khawatir?

Untuk memahami kondisi tersebut, seperti dilansir dari Healthshots, Dr Swati Gaikwad, konsultan dokter kandungan dan ginekolog di Motherhood Hospital, Pune, mengatakan bahwa buang air kecil yang menyakitkan bisa menjadi tanda kondisi kesehatan yang serius.

Menurut Dr Gaikwad, disuria bisa menjadi tanda infeksi, yang membutuhkan perhatian segera dan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkannya.

Banyak orang mengalami ketidaknyamanan ini setidaknya sekali seumur hidup. Oleh karena itu, penting untuk mendeteksi masalah yang mendasarinya dan mencari pengobatan yang tepat.

Terlepas dari ini, Dr Gaikwad menunjukkan empat alasan utama di balik buang air kecil yang menyakitkan:

1. Infeksi saluran kemih

Buang air kecil yang menyakitkan adalah tanda umum dari infeksi saluran kemih (ISK). “Ini umum di kalangan wanita, jadi siapa pun bisa terkena ISK. Ketika bakteri bersentuhan dengan uretra dan memasuki kandung kemih, itu menyebabkan infeksi.

Kamu mengalami sensasi terbakar, ketika ada pertumbuhan bakteri yang berlebihan yang membuat urin menjadi asam. Alasan lain untuk rasa sakit bisa jadi adalah infeksi jamur, karena pertumbuhan jamur yang berlebihan di area vagina Anda, yang menyebabkan keputihan yang kental dan putih, ”kata Dr Gaikwad.

2. Infeksi menular seksual (IMS)

Anda mungkin mengalami rasa sakit saat buang air kecil, terutama jika Anda terkena infeksi menular seksual (IMS). Menurut Dr Gaikwad, “Ini juga bisa menjadi salah satu penyebab infeksi, menyebabkan gatal dan keputihan.

Peradangan juga dikenal sebagai sistitis, dan disebabkan karena infeksi bakteri. Hal yang sama dapat menyebabkan sindrom nyeri kandung kemih, yang disebut sistitis interstisial, yang menyebabkan frekuensi buang air kecil, urgensi, nyeri panggul kronis, dan nyeri saat berhubungan.

3. Infeksi ragi

a itu betul! “Jika Anda merasakan sensasi terbakar saat buang air kecil, Anda bisa menyalahkan infeksi jamur. Hal ini terjadi karena pertumbuhan jamur yang berlebihan di area vagina, yang disertai dengan keluarnya cairan encer yang kental. Setelah Anda mendiskusikan gejalanya dengan dokter Anda, dia akan menentukan jalur pengobatan yang tepat untuk Anda. Ingatlah untuk tidak mengobati sendiri, karena bisa berisiko, ”katanya.

4. Sistitis

“Ini bisa disebut radang kandung kemih dan terjadi sebagai akibat dari infeksi bakteri. Tidak perlu dipikirkan lagi bahwa banyak iritasi mengganggu kandung kemih yang menyebabkan peradangan dan nyeri, saat buang air kecil. Jadi, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter dan menyelesaikan masalah tanpa penundaan,” jelas Dr Gaikwad.

Rasa sakit atau sensasi terbakar di perut bagian bawah atau alat kelamin Anda mungkin membaik setelah Anda buang air kecil, tetapi menjadi lebih buruk ketika Anda harus buang air kecil, saat berhubungan seks.

Jadi para wanita, penting bagi Anda untuk memperhatikan gejala-gejala ini dan menganggapnya serius dan mencari pengobatan yang tepat, sebelum kondisinya memburuk.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close