BeritaInternasionalPolitik

Gara-Gara Prabowo, PT PAL Indonesia Kantongi Lisensi Produksi Kapal Perang Canggih

BIMATA.ID, Jakarta – PT Penataran Angkatan Laut (PAL) Indonesia (Persero), mengantongi lisensi untuk memproduksi kapal perang canggih Frigate Arrowhead 140 dari perusahaan Inggris, Babcock.

Adapun penandatangan lisensi tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto dan Menhan Inggris, Ben Wallace, di London, Inggris, Kamis, 16 September 2021 malam waktu setempat.

“Kedua Angkatan Laut akan segera mengoperasikan Frigate yang sama, sebuah tipe kapal perang yang dibangun dengan mengutamakan kecepatan dan kemampuan manuver,” demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia, Jumat (17/09/2021).

Dengan lisensi yang sudah terkantongi, Inggris mempersilahkan Indonesia untuk memproduksi kapal Frigate Arrowhead di Indonesia. Dalam proses produksinya, nantinya dikerjakan oleh tenaga dalam negeri dengan desain khusus, serta spesifikasi yang memenuhi kebutuhan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Pembuatan kapal mutakhir itu diklaim akan menguntungkan tenaga kerja dan perekonomian Indonesia, serta keamanan regional.

Sementara, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, menyambut baik kabar baik tersebut.

Dia mengatakan, Indonesia dan Inggris memiliki hubungan pertahanan dan keamanan yang sangat baik dengan difasilitasi Nota Kesepahaman, yang mencakup siber hingga pertahanan, Angkatan Laut, dan maritim.

Owen menyampaikan, kedua negara mengadakan pertemuan rutin setiap dua tahun antara Angkatan Laut, kunjungan kapal dan latihan bersama, serta memiliki pelatihan bersama mengenai keamanan maritim.

“Berbagi kapal baru yang sama adalah langkah lanjut yang memang seharusnya dilakukan,” ujarnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close