Regional

Situs Pemkab Luwu Utara Diretas, Hacker Gunakan Sistem DDoS

BIMATA.ID, Makassar – Website resmi Pemkab Luwu Utara, Sulawesi Selatan, diserang peretas. Di laman awal, ada keterangan ‘Im Under Attack’.

Website luwuutarakab.go.id sudah tidak bisa diakses sejak 16 Agustus 2021 lalu. Sampai sekarang, situs tersebut belum bisa diakses.

Kepala Bidang Egoverment Dinas Kominfo-SP Luwu Utara, Nirwan Syakir mengatakan, website pemkab diserang DDoS. Menurutnya, serangan tersebut cukup masif.

“Dalam monitoring kami layanan website luwuutarakab.go.id saat ini mendapat serangan DDoS yang cukup masif sehingga berdampak pada system kami,” katanya dalam keterangan tertulis.

“Sebagai tindakan preventif, saat ini layanan hosting sementara kami suspend sambil mempersiapkan penggunaan cloudflare. Mohon maaf atas gangguan ini,” ucapnya.

Dilansir dari laman Niagahoster, DDoS merupakan singkatan dari Distributed Denial of Service atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai penolakan layanan secara terdistribusi.

DDoS adalah jenis serangan yang dilakukan dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan internet pada server, sistem, atau jaringan. Umumnya serangan ini dilakukan menggunakan beberapa komputer host penyerang sampai dengan komputer target tidak bisa diakses.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close