BeritaPendidikanPolitik

Ibas Resmi Raih Gelar Doktor Manajemen Bisnis IPB

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, resmi menyandang gelar doktor. Gelar ini diterima usai mengikuti wisuda daring Program Pendidikan Sarjana, Profesi Dokter Hewan, Magister, dan Doktor Tahap VII Tahun 2021 Institut Pertanian Bogor (IPB), pada Rabu, 25 Agustus 2021.

Diketahui, Ibas merupakan mahasiswa Program Doktor Manajemen Bisnis (DMB) Angkatan 12 yang lulus dengan IPK 4.0 dan predikat Cumlaude. Pada 10 Juni lalu, Ibas telah menjalani uji disertasi berjudul ‘Strategi Pembiayaan dan Investasi untuk Pengembangan Pariwisata Terpadu yang Berkelanjutan dan Inklusif’.

Ibas menerangkan, pemilihan topik disertasinya disebabkan belum ada studi yang secara khusus mengkaji strategi pembiayaan dan investasi untuk pengembangan pariwisata terpadu, inklusif, dan berkelanjutan.

Hasil penelitian Ibas tersebut mendapat apresiasi dari banyak kalangan, tidak terkecuali para pengujinya. Salah satu dosen penguji, Prof M Syamsul Maarif menilai, hasil disertasi Ibas sangat sempurna.

“Pertama, selamat promovendus Edhie Baskoro Yudhoyono, yang telah menghasilkan suatu disertasi yang sangat ilmiah dan sempurna dan bisnis banget. Kenapa saya bilang sempurna? karena metodenya sangat lengkap, multi-method, semua ada,” ucapnya.

Maarif menyebut, Ibas berbeda dari politisi kebanyakan. Hal ini lantaran disertasi Ibas bukan membahas masalah politik.

“Ini sangat saintifik. Biasanya di jurusan apapun, politikus disertasinya selalu politik, tidak ada dan tidak ada analisis seluas ini. Disertasi ini perlu diapresiasi bukan karena siapanya, melainkan isinya,” imbuhnya.

Dari pihak keluarga, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memaknai kelulusan Ibas sebagai awal yang baru.

“Untuk EBY ini adalah a new beginning for you, Insya Allah a good beginning. Ibas telah berpikir pada masalah yang sangat krusial di negeri ini, ekonomi, investasi pembangunan, kepariwisataan, dan sekaligus memberikan solusi,” ungkap Presiden keenam Republik Indonesia (RI) ini.

SBY juga berpesan kepada Ibas melalui sebuah lukisan tersirat. Lukisan itu merupakan gambar langit di kala fajar, sebuah langkah baru di hari yang baru. Lukisan tersebut dibuat SBY sebagai kado untuk Ibas.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close