Nasional

Helikopter TNI AU Bawa Bendera Besar di Langit Bogor

BIMATA.ID, Jakarta- Ada sebanyak 6 Unit helikopter TNI AU bawa bendera besar di langit Bogor. Hal itu mendapatkan sorotan dari masyarakat Bogor.

6 unit helikopter TNI AU itu membawa bendera besar berwarna merah berlambang TNI. Di bawah lambang TNI, terdapat lambang 3 matra TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) di langit Bogor.

6 helikopter itu terbagi menjadi 2 formasi. Satu formasi terdiri dari 3 helikopter yang terbang berdekatan di langit Bogor.

Dikutip dari Bogordaily.net, pada masing-masing formasi, helikopter yang membawa bendera besar diapit dua helikopter lainnya.

Helikopter yang membawa bendera tampak mengambil posisi lebih depan dari dua helikopter di kanan dan kirinya.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU, Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah, saat dikonfirmasi mengatakan, 6 helikopter tersebut sedang berlatih untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76, yang jatuh pada 17 Agustus mendatang.

“Nanti yang dikibarkan pada hari H adalah bendera merah putih,” ucap Indan.

Di antaranya juga ada dua helikopter bercat merah putih. Heli tersebut adalah heli yang dipergunakan untuk kalangan Very-very Important Person (VVIP).

“Heli NAS 332 Super Puma L1 (dari) Skadron Udara 45 Wing 1 Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma. Heli utk angkut VVIP (semisal-red) Presiden, Wapres dan Tamu Negara setingkat Presiden/Kepala Negara” kata Indan.

Soal helikopter dengan tampilan merah putih tersebut, Indan menerangkan pengecatan sudah direncanakan sejak 2019 lalu. Ada 5 helikopter VVIP yang dicat merah putih.

“Direncanakan 2019, mulai cat 2020. Saat ini kelima heli tersebut sudah dicat dengan livery merah putih,” jelas Indan.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close