Regional

15.840 Nakes di Makassar Bakal Disuntik Vaksin Moderna

BIMATA.Makassar – 15.840 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Makassar akan divaksi tahap tiga atau suntikan booster. Vaksin yang ketiga ini adalah Moderna buatan perusahaan Amerika Serikat.

Moderna disebut-sebut 95 persen lebih ampuh membentengi tubuh dari serangan virus mematikan tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr Andi Hadijah Iriani mengatakan, suntikan ketiga ini merupakan upaya untuk memastikan tenaga kesehatan terlindungi secara maksimal.

Pasalnya, gelombang kedua pandemi Covid-19 membuat tenaga kesehatan mengalami tekanan besar.

“Peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang tinggi mendorong pemerintah untuk secara khusus memberikan perlindungan tambahan kepada nakes yang sehari-hari dihadapkan dengan risiko tinggi penularan Covid-19,” kata Iriani, Minggu (15/8/2021).

Iriani mengatakan ada persyaratan yang mesti dilalui terlebih dulu sebelum disuntik vaksin Moderna.

“Moderna itu ada persyaratannya. Moderna itu tidak langsung divaksin. Tiga bulan setelah vaksinasi terakhir,” kata Iriani.

Para nakes saat ini tinggal menunggu diberikan vaksin ketiga setelah dinyatakan selesai vaksin kedua dan telah memenuhi syarat.

Selain itu, Makassar tercatat sebagai kota yang memiliki jatah vaksin Moderna terbanyak di antara seluruh kabupaten kota di Sulsel.

“Inikan tersebar di Dinas Kesehatan Kota, puskesmas dan seluruhnya kemudian rumah sakit kemudian pemerintah, swasta. Jadi masing-masing mereka minta,” jelasnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close