BeritaEdukasiEkonomiPertanianRegionalTips & TrickUmum

Tips dari Petani Lebah, 3 Cara Bedakan Madu Murni dengan Madu Oplosan

BIMATA.ID,Jakarta- Madu murni yang benar-benar asli diproduksi dari lebah, biasanya ada juga jenis madu yang sudah dicampur dengan berbagai bahan sintetis lainnya, seperti gula. Menurut peternak lebah di Eduwisata Lebah Madu di Desa Bojongmurni, di kaki Gunung Pangrango bernama Iyan Supriyadi, ada empat jenis madu yang seringkali beredar di pasaran.

“Sedikit sulit ketika kita membedakan mana madu murni dan sintetis,” kata Iyan yang juga Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni, Selasa (29/6/2021).

Membedakan jenis-jenis madu tak sekadar bisa dilakukan dengan memperhatikan warna, aroma, tekstur, atau pun rasa dari madu tersebut.

Pasalnya, di Indonesia banyak sekali jenis madu yang beredar dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Ada yang warnanya gelap dan cerah, ada yang konsistensinya cair dan kental, aroma yang tajam dan halus, serta rasa yang manis, asam, ataupun pahit. Tak ada patokan khusus, seperti misalnya madu yang cair artinya madu palsu atau madu yang punya rasa pahit sudah pasti madu asli. Walaupun begitu, masih ada sedikit trik untuk membedakan madu murni dengan madu sintetis, oplosan, dan sirupan dengan sederhana. Berikut ini saran dari Iyan.

1. Kenali dari rasa dan aroma

Cara ini khusus kamu yang sudah sering mengonsumsi madu murni sehingga sudah cukup mengenali sensasi rasanya. “Lidah itu tidak akan menerima ketika kita mengonsumsi madu yang terindikasi SOS (oplosan, sintetis, atau sirupan),” terang Iyan.

Selain itu, biasanya aroma madu murni juga bisa dideteksi dengan mudah bagi yang sudah terbiasa.

2. Tes dengan jari

Trik lainnya bagi kamu yang belum terbiasa dengan rasa madu murni, adalah dengan mengetes tekstur madu. Cukup oleskan sedikit madu di bagian telunjuk dan ibu jari tangan. Kemudian gosok-gosok ibu jari dan telunjuk. Jika madu tersebut adalah madu murni, maka semakin lama digosok teksturnya akan jadi semakin kesat.

“Tapi ketika dilihat dengan kasat mata, kayak berminyak gitu madunya. Itu yang asli biasanya seperti itu,” imbuh Iyan.

3. Pastikan sumber madu

Selanjutnya adalah cara yang akurat untuk bisa membedakan apakah madu tersebut madu murni atau bukan. Caranya adalah dengan memastikan sumber madu yang kamu konsumsi tersebut. Pastikan, dari peternakan mana madu tersebut berasal. Kemudian jenis lebah apa yang memproduksi, serta pakan apa yang dikonsumsi lebah tersebut.

“Juga berapa banyak koloni lebah. Kalau peternak itu hanya punya 10-15 koloni, apakah mungkin untuk menutupi permintaan pasar yang membludak? Karena permintaan pasar yang tinggi, akhirnya malah dioplos lah,” pungkas Iyan.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close