KesehatanBeritaNasionalPolitikUmum

Waketum Gerindra Desak Pemerintah Tanggulangi Lonjakan Kasus Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta- Anggota Komisi IX DPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Putih Sari  mendesak pemerintah melakukan langkah-langkah cepat guna menanggulangi lonjakan drastis kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia.

“Dalam keadaan darurat di dana lonjakan penambahan kasus Covid-19 sangat tinggi mengakibatkan penanganan di fasilitas kesehatan yang ada nyaris kolaps. Maka pemerintah harus segera menyediakan fasilitas kesehatan yang baru untuk isolasi dan perawatan pasien beserta sarana penunjangnya,” kata Putih Sari, Minggu (20/06/2021).

Berdasarkan data Kemenkes per Sabtu (19/06/2021) terdapat tiga provinsi di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah yang memiliki tingkat keterisian rumah rakit (Bed Occupancy Ratio/BOR) baik untuk isolasi maupun perawatan pasien sudah mencapai 80 persen.

Angka BOR DKI Jakarta dan Jawa Barat baik untuk isolasi maupun perawatan pasien masing-masing sebesar 84 dan 83 persen. Sedangkan angka BOR Jawa Tengah untuk isolasi sebesar 81 persen dan perawatan pasien sebesar 80 persen.

Melihat kejadian tersebut, Putih Sari meminta pemerintah segera meningkatkan testing dan tracing dalam penanganan Covid-19 agar cepat terkendali.

“Jika kita lemah dalam testing dan tracing maka Covid-19 ini bagaikan misteri. Tidak diketahui bagaimana keberadaan dan penyebarannya. Oleh karena itu, pemerintah harus segera meningkatkan langkah ilmiah itu (testing dan tracing) supaya diketahui keberadaan dan penyebaran Covid-19 ini. Dan jika sudah diketahui bisa tepat pengendaliannya dan cepat terkendali,”katanya.

Putih Sari menambahkan pemerintah harus segera menegakkan disiplin pelaksanaan protokol kesehatan (prokes).

Alasannya, grafik kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik setelah libur Idul Fitri 2021. Lonjakan kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir ini dikarenakan abai dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Jika kita abai, kejadiannya kembali seperti ini. Darurat dan nyaris kolaps. Dan pemerintah harus tegas menegakkan disiplin pelaksanaan prokes itu,” ujar Putih Sari.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close