Regional

Tim PKM Unismuh Makassar Bekali Panti Asuhan Skill Penyusunan Laporan Keuangan

BIMATA.ID, Makassar — Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melatih akuntansi dan penyusunan laporan keuangan berbasis aplikasi Zahir kepada semua unsur pengelola panti Asuhan Bahagia dan anak panti asuhan yang diperbantukan dalam kegiatan keseharian panti asuhan di Panti Asuhan Bahagia Aisyiyah Makassar, Sabtu, 12 Juni 2021. 

Ketua Tim pelaksana PKM Unismuh Makassar Dr. Muryani Arsal, SE,MM, Ak, CA bersama timnya yaitu Aulia, S.IP.,M.SI,M, Naidah, SE,M.Si dan Ir Nailah, M.Si, mengelola pelatihan dan pendampingan dalam akuntansi  dan penyusunan laporan keuangan pada panti Asuhan Bahagia Aisyiyah Makassar.

“Pelatihan ini  bertujuan untuk  membantu pihak pengelola panti asuhan dalam meningkatkan keterampilan SDM nya terutama dalam  pencatatan semua transaksi yang berkaitan dengan penerimaan dari pihak donatur dan penyusunan laporan keuangan agar sesuai dengan pernyataan Standar akuntansi keuangan No 45 untuk organisasi nirlaba  seperti panti asuhan dan No.109 untuk aktivitas yang berkaitan dengan penerimaan  zakat, infaq dan sedekah yang diterima oleh panti asuhan, “ kata Ketua Tim pelaksana PKM Unismuh Makassar Dr. Muryani Arsal, SE,MM, Ak, CA

Sementara menurut Pimpinan Panti Asuhan, Hj. Rukiah Chalid BSc yang didampingi Nirwana,SE yang juga alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar mengatakan bahwa selama ini semua transaksi yang terjadi dicatat ke buku kas dan buku natural dan secara manual dengan menggunakan bantuan aplikasi Microsoft word di komputer.  

“Sejauh ini pihak pengelola belum mengetahui dan memahami jika pencatatan organisasi nirlaba mengenai  akuntansi dan pelaporan keuangan nirlaba seperti panti asuhan yang berdasarkan kepada PSAK No.45 dan PSAK No.109,”paparnya

Pihak Panti Asuhan Bahagia, memberikan respon positif dan berharap kerjasama seperti ini dapat diteruskan dalam meningkatkan keterampilan dan kualitas SDM panti asuhan terutama dalam pencatatan transaksi atau akuntansi dan penyusunan laporan keuangan, apalagi  menggunakan aplikasi berbasis zahir yang dapat lebih memudahkan dan lebih cepat dalam menyediakan informasi keuangan saat diperlukan.   

Tim PKM Unismuh Makassar menyampaikan terima kasih kepada pihak Panti Asuhan Bahagia Makassar atas kesempatan, kesiapan dan kerjasama serta sambutan yang sangat bersahabat  kepada tim PKM dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan ini. 

Pihaknya berharap kerjasama dalam meningkatkan keterampilan SDM panti asuhan dapat terus berkelanjutan dan komunikasi tetap terjalin untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan pelatihan dan pendampingan ini maupun di bidang lainnya di masa yang akan datang.

Sekedar informasi jumlah anak-anak yang menghuni panti asuhan Bahagia Makassar adalah 45 orang, dan sebanyak 25 orang Putri yang berada di Panti Asuhan Bahagia Aisyiyah beralamat di jalan Muhammadiyah Makassar dan 20 orang putra yang berada di Panti Asuhan Bahagia Putra Aisyiyah jalan Inspeksi PAM Antang Makassar.

RILIS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close