Regional

Legislator Gerindra Ajak Masyarakat Lakukan Urban Farming Dengan Teknologi Hidroponik

BIMATA.ID, Malang — Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Moreno Soeprapto, mengatakan dalam upaya Menghadapi resesi ekonomi di tengah pandemi Covid-19 mengajak masyarakat melakukan urban farming dengan memanfaatkan teknologi hidroponik.

Dengan teknologi hidroponik masyarakat bisa menanam berbagai jenis tanaman hortikultura seperti cabai, tomat, dan sejumlah sayuran lainnya seperti kubis hingga selada dengan hidroponik 20 persen, kebutuhan rumah tangga untuk sayur-sayuran bisa terpenuhi secara mandiri.

“Ada banyak tanaman. Ada paprika, tomat, cabai, sayuran selada, diharapkan bisa mencukupi sekitar 20 persen dari kebutuhan rumah tangga. Kan lumayan. Apalagi panennya bisa melebihi kebutuhan, bisa dijual agar ada perputaran ekonomi,” ungkap Moreno, Senin (9/11/2020).

Moreno menilai, bercocok tanam dengan teknologi hidroponik, bisa berjalan dengan baik jika didasari oleh hobi.

Semisal dalam keseharian masyarakat suka sambal, maka tanaman yang bisa ditanam adalah bahan-bahan untuk membuat sambal, mulai dari tomat hingga cabai.

“Saran saya, sebaiknya hobi dulu. Misal tomat dan cabai bagi yang hobinya sambal. Tentu akan semakin bersemangat dalam merawat tanaman hidroponik,” pungkas Moreno.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close