Berita

Naiknya Kasus Covid-19 Membuat Penjualan Oksigen Tabung Meningkat 50 Persen

BIMATA.ID, Jakarta — Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri Tbk, Rachmat Harsono mengatakan naiknya angka kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir membuat permintaan terhadap tabung gas oksigen kian tinggi sejumlah rumah sakit maupun fasilitas kesehatan melakukan permintaan lebih banyak dari biasanya. Industri tabung oksigen harus lebih bersiap dalam menyambut fenomena ini.

“Sangat pesat, kita monitornya sudah per day sekarang, karena lonjakan exponential,” katanya, Rabu (23/06/21).

Penjualan gas untuk medis meningkat hingga 50% selama beberapa hari terakhir. Namun, Ia belum bisa mentabulasi data keseluruhan secara akurat hingga kini, sehingga belum bisa menyampaikan data riilnya.

Meningkatnya permintaan tersebut membuat industri harus bergerak cepat dalam memenuhinya. Rachmat menjelaskan bahwa perusahaan sudah memiliki rencana untuk meningkatkan kapasitas produksi.

“Mengenai tambahan produksi pun kami juga sudah planning sejak akhir tahun lalu, untuk menambah unit liquefaction oxygen di plant kami di Jabar dan Jatim, rencana pemasangan akan bulan depan,” sebutnya.

Rencana menambah kapasitas itu perlu dilakukan di tengah ketidakpastian pandemi Covid-19. Sebelumnya Indonesia juga sempat mengirimkan ribuan tabung gas oksigen ke India akibat melonjaknya kasus di negeri yang dipimpin Narendra Modi itu. Seharusnya, pabrikan Indonesia juga memiliki cadangan stok lainnya.

“Tabung oksigen kami sudah menyiapkan, sudah masih ada stock ribuan di gudang kami dan akan ada shipment lagi di Juli untuk mengantisipasi kekurangan oksigen,” jelas Rachmat.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close