Berita

Menkes Selidiki Kemungkinan Mutasi Baru Kasus Covid-19 Melonjak di Kudus

BIMATA.ID, Jakarta — Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan genome sequencing sampel kasus Covid-19 di Kudus, Jawa Tengah. Itu dilakukan guna menyelidiki kemungkinan adanya mutasi baru virus corona di wilayah tersebut.

“Kami juga sekarang minta sampelnya untuk dilakukan genome sequencing, apakah lonjakan yang terjadi di Kudus ini disebabkan oleh adanya mutasi baru,” kata Budi, Senin (31/05/2021).

Saat ini kasus Covid-19 di Kudus mengalami lonjakan signifikan. Budi mengingatkan agar daerah tersebut memperketat protokol kesehatan dan mematuhi aturan PPKM Skala Mikro guna menghambat laju penularan virus covid-19.

“Pesan kami untuk daerah-daerah yang lonjakan nya cukup tinggi termasuk yang ada di Kudus tolong tetap disiplin terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sekarang trennya lagi naik tapi kalau kita disiplin Insya Allah harusnya semuanya bisa kita atasi dengan baik. Seluruh rumah sakit sudah kita persiapkan obat-obatan juga sudah kita persiapkan,” tutur Budi.

Sebagai informasi, kasus corona di Kudus, Jawa Tengah, melonjak drastis hingga menyebabkan over kapasitas rumah sakit. Keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) di sana sudah mencapai di atas 90 persen. Karena itulah, pasien Covid akhirnya dirujuk ke rumah sakit lainnya di sekitar wilayah Kudus.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close