Berita

Selama Sepekan 11.896 Pemudik dari Jabodetabek Tiba di Terminal Wonogiri

BIMATA.ID, Wonogiri — Pengelola Terminal Giri Adipura Wonogiri, Jawa Tengah mencatat, selama sepekan, 11.896 penumpang asal Jabodetabek tiba di terminal tipe A tersebut Penumpang tersebut merupakan perantauan yang sedang pulang ke kampung halaman.

“Penumpang yang tiba di Terminal Tipe A Giri Adipura naik bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi),” ujar Kepala Terminal, Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto kepada, Senin (19/04/2021).

Selama sepekan, penumpang datang paling banyak justru terjadi pada Senin (12/4) yaitu sebanyak 2.773 orang. Kemudian terbanyak kedua terjadi pada Rabu (14/4) 1882 orang.

“Pada akhir pekan kemarin (Sabtu dan Minggu) penumpang justru turun hanya 1.191 orang dan 1.811 orang,” kata dia.

Ia menjelaskan data penumpang akhir pekan tersebut lebih banyak pada tanggal 10 dan 11 April sebanyak 2.459 orang dan 2.443 orang. Agus memprediksi penumpang Jabodetabek akan kembali berdatangan pada pekan kedua dan pekan ketiga Ramadan.

“Pengalaman Ramadan sebelumnya perantauan dari Jabodetabek pulang ke kampung halaman pada pekan kedua dan ketiga puasa,” tutur dia.

Ia mengaku tidak bisa membedakan penumpang yang mencuri start mudik Lebaran yang masuk di terminal. Hal tersebut terjadi karena penumpang Jabodetabek yang pulang kampung punya tujuan masing-masing, diantaranya berziarah ke makam keluarga atau nyadran, bertemu saudara, acara keluarga, dan lainnya.

“Kami tidak bisa melarang jika ada penumpang pulang kampung. Yang jelas terminal terbuka bagi bus AKAP yang masuk menurunkan penumpang,” tandasnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close