BeritaHukumInternasionalNasionalSains & Tek

Cellebrite, Alat yang Digunakan Polisi untuk Meretas HP

BIMATA.ID, Jakarta – Cellebrite adalah platform yang digunakan oleh polisi untuk meretas handphone (HP) terdakwa kasus penyebaran berita bohong yaitu Jumhur Hidayat. Hal tersebut membuat ramai jagat maya karena menjadi perbincangan netizen Indonesia.

Dikutip dari Antara, Cellebrite digunakan Polri untuk mengumpulkan seluruh data digital milik Jumhur, kemudian hanya data yang memuat informasi terkait UU Omnibus Law yang lanjut dianalisis.

Cellebrite adalah perusahaan digital intelijen Israel yang menyediakan alat untuk pengumpulan, analisis, dan pengelolaan data digital. Alat tersebut lebih sering digunakan untuk membuka berbagai smartphone, bahkan iPhone terbaru yang terkunci dan melihat isi datanya. Aparat kepolisian biasanya memeriksa smartphone untuk mendukung proses penyelidikan.

Namun, bukan hanya kepolisian republik Indonesia saja yang menggunakan alat tersebut. Tapi juga oleh polisi di berbagai negara, diantaranya adalah Kepolisian Skotlandia.

Dilansir dari youtube kepolisian Skotlandia, Alat Cyber Kiosks yang ditampilkan juga nampak seperti komputer pada umumnya. Petugas hanya menghubungkan smartphone yang ingin dibuka dengan komputer melalui kabel USB. Namun, alat ini bisa juga meretas data-data dari perangkat elektronik lain seperti tablet, memory card, sampai hard disk.

 

 

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close