BeritaEkonomiNasionalPropertiTravelUMKM

Sandi Bentuk Program Pengumpulan Dana Pemulihan Pariwisata

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno akan membuat program pengumpulan dana pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif atau tourism and creative economy recovery fund. Pengumpulan dana tersebut bertujuan membantu pelaku usaha memperbaiki likuiditas keuangannya yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Saya menjajaki dengan beberapa institusi keuangan untuk meluncurkan tourism and creative economy recovery fund. Ini sebuah fund untuk merestrukturisasi, membangkitkan, dan memulihkan sektor pariwisata,” ujar Sandi.

Sandi menginginkan program pengumpulan dana dapat menjangkau pelaku usaha khususnya yang bergerak di bidang perhotelan maupun pengelola tempat wisata. Kementerian sedang membahas program itu bersama sejumlah pihak pengelola keuangan, seperti Danareksa.

Mekanisme program pengumpulan dana ini masih dimatangkan. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut memastikan program pengumpulan dana nantinya berbeda dengan hibah yang dikucurkan oleh pemerintah.

“Ini bukan hibah, tapi mekanisme untuk memberikan bantuan likuiditas,” ujar Sandiaga.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI sebelumnya mencatat pengusaha mengalami kesulitan keuangan yang sangat parah selama masa pandemi Covid-19. Berdasarkan data PHRI, setiap bulannya sekitar 150 sampai 200 pemilik restoran dan hotel memilih menutup usahanya.

PHRI menduga ada lebih dari 24 ribu pekerja di sektor hotel dan restoran yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Jumlahnya tersebut diduga bisa lebih banyak lantaran saat ini tidak semua pelaku usaha hotel dan restoran tergabung dalam PHRI.

Sandi yakin sektor usaha yang bergerak di bidang wisata akan mulai menunjukkan tren pemulihan pada paruh kedua 2021. Pemulihan ekonomi didorong oleh vaksinasi yang telah berjalan dan meningkatnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close