BeritaRegional

Kadinkes DKI Lakukan Vaksinasi Pada Lansia

BIMATA,ID, Jakarta — Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, untuk lansia tenaga kesehatan sudah mulai dilakukan vaksinasi beberapa waktu lalu lansia merupakan kelompok target sasaran vaksin tahap kedua bersama pelayan publik.

“Kami akan segera memberikan layanan mulai hari, setelah salat Jumat, diberikan (vaksin) kepada lansia,” ujarnya, Jumat (19/02/2021).

Selain itu, kata Widyastuti, pihaknya melakukan konfirmasi dan verifikasi kepada dinas-dinas terkait, seperti dukcapil soal data kependudukan Termasuk ke Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi terkait data tenaga kerja yang sudah masuk umur lansia.

“Jadi, kita melakukan berbagai strategi agar datanya tepat sasaran,”ucapnya.

Widyastuti menyebutkan, jumlah total lansia dan pelayanan publik yang sudah terdata untuk menerima vaksin tahap kedua sebanyak 3,5 juta orang. Mereka akan divaksin secara bertahap sesuai dengan vaksin yang diterima oleh Pemprov DKI.

“Saat ini, kita sudah terima 60.000 dosis vaksin untuk lansia dan 10.000 dosin vaksin untuk pedagang pasar. Itu kita selesaikan dulu, sambil koordinasi dengan pemerintah pusat untuk vaksin berikutnya,”ucapnya.

Widyastuti mengatakan, para lansia sasaran penerima vaksin telah didata dengan berbagai mekanisme. Data top down dari pemerintah pusat, kata dia, akan dikonfirmasi oleh Pemprov DKI Jakarta, seperti konfirmasi ke organisasi-organisasi yang menaungi orang-orang yang sudah purna tugas atau pensiun.

“Kita juga sudah punya posyandu lansia di setiap kecamatan, kelurahan untuk konfirmasi data pada saat data top down tiba,”Pungkas Widyastuti.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close