NasionalHeadline

Jokowi Menggratiskan Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat

BIMATA.ID, Jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu, 16 Desember 2020, menegaskan bahwa vaksin covid-19 adalah gratis bagi kalangan masyarakat.

“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis,” kata Presiden dalam keterangan pers yang disiarkan Sekretariat Presiden.

Presiden memerintahkan jajaran Kabinet Indonesia Maju, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Ia juga menginstruksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memprioritaskan dan merealokasikan dana dari anggaran lain untuk ketersediaan program vaksinasi gratis tersebut.

“Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” demikian Presiden Jokowi.

Program vaksinasi covid-19 secara mandiri yang diberlakukan bagi masyarakat mampu harus daftar terlebih dulu ke fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk pemerintah guna mendapatkan jatah vaksin covid-19.

Berdasarkan Petunjuk Teknis Pelayanan Vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan yang dikutip di Jakarta, Senin, 14 Desember 2020, pelaksanaan vaksinasi covid19 bagi kelompok masyarakat yang dibiayai oleh negara dan secara mandiri memiliki tata laksana yang sedikit berbeda.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close