BeritaNasionalRegionalUmum

Pemerintah Resmikan 3 Provinsi Baru Di Papua

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah meresmikan tiga provinsi baru atau daerah otonomi baru (DOB) Papua. Yaitu provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan provinsi Papua Pegunungan.

Peresmian dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tito Karnavian di kantor Kementerian Dalam Negeri pada Jumat, 11 November 2022.

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini Jumat 11 November 2022. Saya Muhammad Tito Karnavian, menteri dalam negeri atas nama Presiden RI dengan ini meresmikan provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan provinsi Papua Pegunungan,”jelas Tito.

Peresmian tiga provinsi Papua yang baru ini berdasarkan tiga undang-undang DOB Papua yang telah disahkan oleh DPR RI pada 30 Juni 2022 lalu.

Mendagri Tito mengatakan, peresmian hari ini merupakan hari yang baik. Karena tidak sengaja digelar pada 11 November 2022.

“Ini tanggalnya bagus 11 November saya tidak sangka, karena kemarin siapkan G20, ternyata harinya hari baik tanggal 11 bulan 11 2022. Akhirnya kita punya provinsi baru,” pungkasnya.

Kemudian, Tito meresmikan tiga provinsi ditandai dengan pemukulan gendang bersama anggota dewan dari Dapil Papua. Setelah itu ditandatangani prasasti peresmian provinsi.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close