Regional

Harga Bahan Pokok di Indramayu Alami Kenaikan Jelang Tahun Baru dan Natal

BIMATA.ID, Indramayu — Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, sejumlah harga bahan pokok di Kabupaten Indramayu mengalami kenaikan beberapa komoditi barang yang mengalami kenaikan diantaranya cabai merah, telur ayam, dan tomat.

Seperti di Pasar Baru Indramayu, harga cabai merah menyentuh harga Rp 60 ribu per kilogram. Padahal untuk normalnya, harga cabai merah hanya di kisaran Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogramnya.

Menurut salah satu pedagang cabai merah, Ilah (40), harga cabai merah hari ini bahkan menyentuh harga Rp 65 ribu per kilogramnya.

“Padahal kemarin masih Rp 60 ribu per kilogram,” jelasnya, Selasa (15/12/2020).

Selain cabai merah, lanjut Ilah, harga telur ayam juga mengalami kenaikan hingga Rp 30 ribu per kilogram, dari harga sebelumnya yang hanya Rp 25 ribu per kilogram.

Kemudian, harga tomat menjadi Rp 18 ribu per kilogramnya, dari yang sebelumnya hanya Rp 5 ribu hingga 6 ribu per kilogramnya.

“Naiknya hampir tiap hari bisa Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu,” ujarnya.

Menurut Ilah naiknya harga bahan pokok jelang Nataru tersebut disebabkan banyak petani yang gagal panen karena cuaca buruk. Akibatnya, banyak pembeli yang protes karena kenaikan harga yang cukup signifikan.

“Penjualan sih laku, hanya saja banyak yang mengurangi jumlah belanjaannya, karena mahal,” tuturnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close