BeritaRegional

Endang Setyawati Thohari Berharap Diberdayakan Budidaya Perikanan Mampu Menopang Kedaulatan Pangan Nasional

BIMATA.ID, Jakarta — Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Endang Setyawati Thohari, mengatakan agar budidaya perikanan semakin diberdayakan untuk menopang kedaulatan pangan nasional. Terutama mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan dengan dua pertiga wilayahnya adalah kawasan perairan.

“Dengan kolaborasi kita bersama, Indonesia akan berswasembada pangan serta menuju Indonesia yang adil dan makmur,” ujar Endang, Senin (21/12/2020).

Menurut Srikandi Gerindra ini, kedaulatan pangan melalui budidaya perikanan perlu dibangun karena penting menghasilkan sumber protein hewani seperti ikan sehingga tidak hanya sumber protein nabati yang diperhatikan.

Dalam kunjungan kerja itu juga diserahkan bantuan pemerintah berupa bantuan benih dan calon induk ikan, pakan ikan mandiri, paket bantuan sarana budidaya ikan hias, paket bantuan budidaya ikan sistem bioflok, serta bantuan modal usaha kepada pelaku usaha budidaya di Kalsel dengan nilai bantuan mencapai Rp4,6 miliar.

“Setelah melihat langsung program yang telah dijalankan oleh KKP, Komisi IV DPR memberikan apresiasi dan merasa bangga dengan KKP yang dapat menginspirasi kita semua untuk dapat menjaga dan mensukseskan kedaulatan pangan di masyarakat. Kami harap kesuksesan ini dapat ditularkan ke provinsi yang lain melalui kerjasama dengan pemerintah daerah agar dapat diaplikasikan di wilayah kerjanya,” ucap Endang.

Endang juga telah memimpin tim Komisi IV DPR RI dalam melakukan kunjungan kerja reses ke Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin sebagai salah satu unit pelaksana teknis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di provinsi Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close