BeritaPeristiwaPolitikRegional

Dua Desa Terendam Banjir, DPRD Madina Tinjau Langsung Ke Lokasi

BIMATA.ID, Madina – Hujan deras yang mengguyur wilayah Mandailing Natal (Madina) mengakibatkan Sungai Aek Simalagi di Kecamatan Huta Bargot meluap, sehingga menyebabkan Desa Hutarimbaru dan Desa Kumpulan Setia terendam banjir, Kamis (8/10/2020).

Mendengar kabar tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Madina, Izhar Helmi Pulungan, langsung turun meninjau ke rumah warga yang terendam banjir.

“Begitu dapat kabar, saya langsung ke lokasi bersama Pak Camat untuk melihat kondisi banjir yang telah masuk ke rumah warga,” ucap Izhar, Kamis (8/10/2020).

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini mengungkapkan, banjir itu sudah menjadi banjir musiman, solusinya harus dilalukan pengerukan agar tidak terjadi pendangkalan.

“Setiap penghujan daerah ini selalu banjir. Karena sungai ini sudah dangkal. Untuk penanganannya akan kita koordinasikan dengan pihak Pemerintah Kabupaten Madina. Perlu adanya pengerukan sedimen sungai, agar saat debit air Sungai Aek Simalagi meningkat tidak lagi melimpah ke pemukiman warga,” ungkap Izhar.

Sementara, Camat Huta Bargot, Indra Gunawan mengatakan, agar warga tetap waspada dan siaga apabila ada banjir susulan, mengingat cuaca ekstrim yang masih menyelimuti daerah Hulu Sungai di Kecamatan Huta Bargot.

Indra Gunawan menyebutkan, selain merendam pemukiman warga, banjir tersebut juga merendam lahan pertanian dan persawahan warga seluas ± 45 Hektare, sehingga mengakibatkan puso atau gagal panen.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close