BeritaEkonomiPertanianRegionalUMKM

Bantuan CSR Untuk Sukseskan Program Ketahanan Pangan

BIMATA.ID, JAKARTA- Bank Aceh Syariah, terus berupaya turut berpartisipasi dalam berbagai program yang dicanangkan Pemerintah Aceh maupun pemerintah kabupaten/kota melalui dana CSR dengan Program Bantuan Bina Lingkungan dan Program Bantuan Kemitraan, seperti yang sudah dijalankan selama ini di berbagai daerah.

Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah kembali menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) kepada kelompok usaha tani di Kabupaten Bener Meriah. Bantuan tersebut diserahkan Pemimpin Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah, Fajar Rajasa, bersama Dandim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah, Letkol Inf Valyan Tatyunis, di kantor bank setempat, Selasa (30/6/2020).

Bank Aceh Syariah juga sudah menyalurkan dana CSR dalam Program Bantuan Bina Lingkungan dalam berbagai kegiatan seperti kegiatan keagamaan yang meliputi rehab masjid/meunasah, rehab dayah/pesantren, mendukung pembangunan tempat wisata, dan beberapa kegiatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di kabupaten tersebut.
Dana CSR Program Bantuan Kemitraan Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah kali ini, sebut Fajar, merupakan tindak lanjut atas inisiatif Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi, dan Dandim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah, Letkol Inf Valyan Tatyunis, dalam menyukseskan program ketahanan pangan menghadapi dampak wabah Covid-19.
Bantuan dari dana CSR ini diberikan kepada lima kelompok usaha tani binaan Koramil setempat sebagai percontohan. Penerima bantuan masing-masing Kelompok Usaha Tani Padi Gogo di Kampung Suka Makmur, Kecamatan Wih Pesam, Kelompok Usaha Tani Jamur Tiram di Kampung Simpang Utama, Kecamatan Bandar, Kelompok Usaha Tani Kentang di Kampung Nosar Tawar Jaya, Kecamatan Permata, Kelompok Usaha Tani Bawang Merah di Kampung Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, dan Kelompok Usaha Jahe Merah di Kampung Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo.

“Kelompok-kelompok usaha tani ini merupakan binaan Koramil dengan tujuan agar adanya pembinaan dan pengawasan yang baik oleh mereka. Sehingga, usaha yang dijalankan kelompok tani tersebut lebih terukur dan terarah sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal,” ujar Fajar Rajasa seraya menyebutkan, dana CSR yang disalurkan untuk kelima kelompok tani itu sekitar Rp 140 juta di mana masing-masing kelompok menerima bantuan dengan jumlah yang bervariasi.

“Kita berharap program ini berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga, ke depan kita dapat mengusulkan kembali program yang sama kepada kelompok-kelompok usaha yang lain,” harap Fajar.

Bank Aceh Syariah, tambah Fajar, terus berupaya turut berpartisipasi dalam berbagai program yang dicanangkan Pemerintah Aceh maupun pemerintah kabupaten/kota melalui dana CSR dengan Program Bantuan Bina Lingkungan dan Program Bantuan Kemitraan, seperti yang sudah dijalankan selama ini di berbagai daerah.

Sementara itu, Dandim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah, Letkol Inf Valyan Tatyunis menyampaikan, awalnya ini adalah program Bank Aceh Syariah untuk membantu petani dan masyarakat. “Lalu, kami bersama Pemkab dan berkoordinasi dengan Bank Aceh Syariah untuk menyukseskan program ketahanan pangan yang dicanangkan Bupati dalam menghadapi dampak wabah Covid-19,” ujarnya.

Kemudian, sambung Dandim, pihaknya mengumpulkan kelompok tani yang mempunyai potensi di kabupaten itu.  “Dalam program ini, kami bertindak sebagai pembina dan pengawas agar kelompok tani yang menerima bantuan bisa menghasilkan sesuai target yang sudah diberikan,” ungkapnya.

Menurut Letkol Inf Valyan Tatyunis, pengawasan itu sangat penting agar program yang sudah dicanangkan itu berhasil dan mendapat hasil maksimal.  Ia juga berharap, pihaknya dengan pemkab dengan didukung oleh Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah terus dapat menjalin kerja sama untuk kepentingan masyarakat. Sehingga, program-program tersebut tepat sasaran dan sesuai dengan program yang sudah dicanangkan pemerintah.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close